Dari Pikiran ke Masalah lain ke Roma

Gimana perasaan lo saat lo pengen kuliah, tapi nggak bisa kuliah karena ada satu alasan yang kuat yang menghalangi? Pasti sedih, dan itulah yang gue rasain saat ini. Yah, kegelisahan itulah yang selalu menyelimuti perasaan gue tiap harinya, tiap pagi, siang, malam dan balik ke pagi lagi. Sebenernya masalahnya ada dua sih, Internal dan Eksternal (macam harddisk gitu lah). Pertama masalah Eksternal yang biasa dihadapi oleh sebagian besar umat manusia, ya bener, masalah dana. Dari segi pendanaan, kalo gue ikut SBM atau MANDIRI jelas yang nggak kuat ortu. Soalnya gue kan kepinginnya kuliah di Jogja. Jadi harus ada biaya transport tambahan, juga yang pasti bayar SPP, Uang Gedung, kos, makan, dan banyak lainnya. Udah jelas bakalan jadi beban berat yang harus dipikul ayah dan ibu gua. Dan itupun masih tanpa resiko, ya kalo gue bisa pinter dan nggak kena arus pergaulan bebas, ya kalo gue bisa lulus kuliah tepat waktu, ya kalo langsung dapet kerja, kita nggak ngerti cobaannya bakal gimana. Liat ayah dan ibu kerja keras, bikin gue semakin trenyuh. Udah kerja keras, menghidupi 2 rumah, capek lahir batin karena harus berjauhan dan yang jelas selalu ada aja pengeluaran nggak diduga, itu pasti dalam prinsip ekonomi yang gue pelajari waktu kelas 2 SMA. Dari dasar permasalahan itu akhirnya timbul permasalahan Internal, permasalahan dari dalam hati.

Jujur, sebenernya gue ini orangnya Liberalis banget, kadang terkesan egois. Sukanya seneng sendiri, menang sendiri, bener sendiri, dan selalu menginginkan hal hal yang berbau kebebasan yang nyaris mutlak (karena kebebasan mutlak itu nggak pernah ada). Jadi ada pergolakan batin antara mengejar mimpi dan menghadapi kenyataan. Dan rencananya gue pengen daftar IPDN, sekolah kedinasan. Ada beberapa aspek yang membuat gue kurang setuju dalam hal-hal yang berbau kedinasan sebenernya. Karena kedinasan itu selalu mengikuti prosedur-prosedur yang rumit bahkan selalu terlihat over-disiplin. Padahal yang menaungi kedinasan aja orangnya acak-acakan, ngawur gitu, nggak ada disiplin-dispilinnya. Sebut saja wakil rakyat dan pejabat besar. Yang kerjaannya selalu melihat uang setiap ada kegiatan. Dan hanya bisa baik pada saat maunya aja. Itu deh yang bikin gue agak nggak sreg. Tapi disisi lain, di kedinasan itu prospeknya udah pasti dan pastinya lebih memusatkan konsentrasinya pada bidang keahliannya masing-masing. Dan yang lebih menarik menurut gue yaitu, di beberapa sekolah kedianasan bisa dapet uang saku per bulannya (termasuk IPDN). Seenggaknya itu yang selalu gue pikirin kalo lihat keadaan orang tua gue. Dan di lain sisi gue yang selalu sering kena penyakit KanKer alias Kantong Kering, juga butuh banget bisa punya penghasilan sendiri.

Tapi, ngomong-ngomong kok gue sok pinter banget ya? Sory loh, sebenernya gue ini anaknya pas pasan banget. Pinter juga nggak, keren apalagi, cool? Nggak mungkin. Cukup sekedar tau aja, nilai UN gue kemaren yang terjelek ada di pelajaran matematika. Gue Cuma dapet nilai 5,00. Tapi gue sebenernya harus bangga karena nilai murni tanpa beli kunci jawaban. Masalahnya, ketika ditanya orang, nggak mungkin kan lo membanggakan hal yang nggak bisa dibuktikan. Itulah yang bikin gue kecewa. Andai kejujuran itu bisa didapetin penghargaannya di dunia, andai…

Dengan rata-rata nilai UN gue 7, gue ancur banget kalo nilai UN jadi bahan perbincangan. Apalagi, dimana nyaris seluruh sektor pekerjaan selalu memperhatikan berapa nilai UN Matematika seorang pendaftar tersebut untuk mengetahui secara kasar kemampuan analisis logikanya. Menjadi harga mati gue yang nggak bisa dipungkiri, bahwa gue sebenernya emang nggak terlalu bisa soal itung-itungan. Masalah matematika dan pelajaran SAINS lainnya gue bener-bener sulit mengerti (semenjak gue ingin menjadi filsuf). Apa ini yang dinamakan kutukan semesta? (mulai nglantur deh). Tapi iya, emang bener. Matematika gue ancur, disusul Ekonomi, lalu Geografi, diatasnya ada Sosiologi yang juga hancur dan untungnya bisa diatasi oleh Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Sebenernya nilai UN ini nggak masuk akal, gue nggak terlalu baik di bidang sastra, malah yang dapet bagus pada bidang Bahasa. Yang gue andalin itu malah Geografi, tapi nggak seperti yang diharapkan. Banyak soal yang jawabannya subjektif dan sulit dimengerti. Tapi sempet mikir juga, kalo ini udah standar Internasional, betapa jauhnya gue dari mimpi gue menjadi seorang yang bisa banggain Indonesia (2014 UN udah standar Internasional dibawah organisasi pendidikan internasional PISA). Mau banggain gimana kalo kemampuan aja standar? Matematika aja klepek-klepek tak berdaya.

Oke lanjut, singkat cerita gue jadi rajin olah raga buat persiapin tes IPDN bulan depan, juga persiapin materi apa aja yang perlu dipelajari. Sebenernya udah ada beberapa plan jika gagal. Tapi yang jelas semua harus dipersiapin sejak dini. Dan apapun keputusan gue, hasilnya, dan langkah yang mungkin akan datang semua masih tanda tanya. Yang jelas harus tetep cari lowongan, karena kalo ngganggur dirumah itu nggak enak. Ya di gue nya sendiri sama nggak enak diliat tetangga.

Dan ada galau lagi yang bikin akut, galau tentang impian gue. Dan, keliatannya jauh lebih panjang masa laper gue kalo gue tetep lanjutin. Jadi ending gue makan dulu deh, sambil keluar cari angin. Cari inspirasi buat menulis, sambil nata hati, nata pikiran juga.

Tinggalkan komentar